-->
Menu
/
Sumber foto disini
Blog nufazee baru dua tahun terakhir memakai domain dotcom. Kenapa? Karena itu adalah hadiah ulang tahun dari suami haha. Sebenarnya ini adalah ideku, tiap kali aku ulang tahun, aku minta ke suami ingin hadiah apa. Nah, nufazeedotcom adalah kado terindah dan pertama dari suami tercinta di ulang tahunku dan di tahun pertama pernikahan kami *eaak.

Kenapa gak dari zaman dulu pasang domain dotcom? Wah pertanyaan ini membawa saya menembus ruang dan waktu, *halaah padahal mau bilang waktu masih jomblo dulu, daripada pasang domain mending untuk cicilan uang kuliah, wekekek.

Awal Mula Nge-Blog

Entah kenapa aku suka banget dengan segala hal berbau teknologi, apalagi komputer dan internet. Minat tersebut menguat saat duduk di Aliyah setingkat Sekolah Menengah Atas. Jelang mau ujian akhir sekolah, teman-teman pada sibuk bimbel, saya malah sibuk keluar masuk warnet, haha.

Ketika tamat sekolah, aku jadi pengangguran, hiks. Ortu gak punya biaya untuk bantu lanjut sekolah ke perguruan tinggi, tapi aku gak berputus asa aku cari info perkuliahan tentang teknologi atau komputer. Ya ampun biayanya selangit T_T. Eh ternyata Allah maha adil, enam tahun kemudian aku menikah dengan seorang sarjana komputer. MasyaAllah Tabarakallah.

Akhirnya aku harus realistis dong. Saya manfaatkan masa menganggur dengan nongkrong di warnet dan sore harinya mengajar, nah tambahan ongkos nge-net ya dari upah mengajar.

Singkat cerita, saking sukanya dengan internet dan paling gak suka ketinggalan informasi. Tahun 2008 mulailah berseliweran trend punya catatan harian di dunia maya atau blog. Wah aku gak mau ketinggalan dong. Langsung aku cari tahu langkah membuat blog autodidak baik dari mesin pencari maupun dengan membeli buku cara membuat blog.

Aku ikutin step by step yang dipaparkan penulis. Karena masih pemula disarankan pakai yang gratisan dan aku memilih blogspot sebagai platform blogku. Selain gratis pun buatnya  gak ribet.  Setelah daftar, lalu pilih-pilih template. Memilih template Allahu Akbar, ngalahin milih jodoh, aku hampir nginap di warnet gara-gara pilih template haha.

www.zee-flp.blogspot.com

Itulah nama blogku pertama sekali. Isinya selain curhat *pastinyaaa, juga berisi dokumentasi artikel saya yang dimuat di surat kabar.

Kesan pertama saat memiliki blog, ih berasa keren. Soalnya kan internet belum se-booming sekarang dan belum banyak yang memiliki blog. Kalau sekarang mah…nanya alamat blog lebih sering daripada nanya alamat rumah. 

Karena niat nge blog emang buat keren-kerenan dan demi senang-senang, jadinya gak begitu rutin nge-blog, bahkan gak kepikiran untuk pindah domain dan waktu itu belum sampai keingintahuanku tentang hosting dan domain.

Pada tahun 2012, mulai deh banyak ikut pertemuan yang mengundang blogger, salahsatunya Bloglicious ‘blogging has naver  tasted this good’ dan semakin melek dengan dunia perbloggeran.

Akhir tahun 2013 *hampir jeda dua tahun, haha lama ya* aktif lagi nge blog. Berkah nge-blog perlahan mendekat seperti smartphone, huhu…kalau gak nge-blog ntah kapan bisa terkumpul duit untuk beli smartphone, Makasi ya Allah.

Sejak itu makin getol lah saya ikut segala blog competition, tapi…e…tapi persyaratan lombanya kok mensyaratkan blog harus TLD, blog harus berplatform bayaran, oh no…oh…yes…

Maka munculah pikiran-pikiran yang membuat aku maju mundur cantik untuk pindah domain. Pikiran itu lebih kepada peperangan percakapan batin sih.

Kayak saat nge baca persyaratan lomba blog, eh ternyata mensyaratkan blog harus TLD.  Huhu jadi pengen pasang domain dotcom.

Ish ngapain pasang domain dotcom, kan masih banyak lomba blog yang gak mensyaratkan itu.
Oh oke, waktu berlalu, gak jadi beli domain. Suatu hari baca-baca postingan blogger lain. Ih kok keren ya pakai dotcom gitu, berasa semangat deh nge blog kalau pakai dotcom.

Pakai gratisan juga keren, coba gih ganti nama blogmu agar gak terlalu panjang kayak gerbong kereta api.

Iya juga ya, aku pun utak atik settingan blog. Dan ternyata bisa edit nama, www.nufazee.blogspot.com, tapi kok masih aja panjang ya…ah sudahlah.

Seiring berjalannya waktu, aku pun menikah kemudian bengong gak tau mau lakuin apa, namanya masih pengantin baru, *uhuk. Aku pun mengaktifkan diri lagi gabung di komunitas-komunitas blogger. Pelan-pelan mulai terbuka pikiran untuk pindah domain.

Dengan kekuatan rayuan, kubujuk si Aa untuk menghadiahkan aku domain. Sebelum memutuskan pindah domain, aku sempat cari informasi bagaimana cara pasang domain, sepertinya mudah asalkan fokus dan didukung signal internet yang kuenceng. Namun, apalah daya signal inetku onel-onel belum lagi aku paling mumet kalau disodorkan dengan kode html, mending disodorin semangkuk soto ayam hihi.

Dan setelah kutelusuri, pasang domain mah sekarang gampang banget, apalagi ada situs khusus yang fokus membimbing blogger pasang domain sendiri, bahkan lagi ada promo harga beli domain, kayak disitus dotcomforme.com. Nyesel juga dulu gak belajar pasang sendiri hehe *istridanbloggermanja.

Semua Berubah Dengan www.nufazee.com

Subjudulnya mengandung kadar promosi yang sangat tinggi haha. Kenapa gak dari duluuuuu pasang domain. Lebih banyak untungnya heuheu.

Dari tadi ngebahas TLD mulu, emang apa sih TLD? TLD adalah Top Level Domain, merupakan deretan kata yang berada di belakang nama domain, seperti dotcom, dotnet, dotid, dotorg dan lain-lain. Nah TLD berfungsi mempersingkat nama domain atau blog kita, gak hanya itu TLD juga bisa menginformasikan isi dari sebuah website. Kalau aku ngerasain fungsi pasang TLD ya agar nama blogku lebih singkat dan mudah diingat.

Keunggulan yang aku rasakan setelah menggunakan domain dotcom diantaranya, lebih semangat nge-blog, kemudian meningkatnya rasa pede saat ikut lomba blog yang mensyaratkan blog harus TLD, lalu dengan bangga menerima job review pun yang datang atau menawarkan blog sendiri agar dilamar para agency *uhuk.

Meskipun lebih banyak keunggulan yang aku rasakan, ruginya juga ada haha. Ketika masih numpang di platform gratisan, tentu segala ranking atau peringkat blogku pada gemuk dong dan berada di angka keren, sejak pasang domain dotcom, aku harus kerja keras untuk upgrade itu semua, kayak rajin posting konten positif dan blogwalking. So, dotcomforme is the best choice, for you also. #DotComForBlogging






2 comments:

Terimakasih sudah membaca postingan di nufazee.com semoga bermanfaat. Mohon jangan masukkan link hidup saat mengisi kolom komentar. ^^ Biar gak capek kali ngapus broken link, ini kenapa jadi curhat haha

Powered by Blogger.